Kehidupan Sementara Akhirat Selamanya

Thursday, December 19, 2019

Pembuatan Mentega Skala Industri

Pembuatan Mentega Skala Industri - Mentega merupakan produk olahan dari susu yang dibuat dengan cara mengaduk krim yang didapat dari susu. Biasanya digunakan sebagai olesan roti dan biskuit, mentega juga digunakan sebagai perantara lemak di beberapa resep roti dan masakan dan terkadang bahan untuk menggoreng. Pengganti mentega adalah margarine, yang biasanya lebih murah dan memiliki sedikit lemak serta kolesterol.

Pembuatan Mentega Skala Industri
Sumber : Alat Pengukur Warna
Pembuatan mentega sendiri membutuhkan mikroorganisme Streptococcus lactis dan Lectonosto cremoris yang berguna pada proses pengasaman nantinya. Pada pembuatan mentega Streptococcus lactis digunakan untuk menghasilkan asam laktat. Jenis bakteri ini memang banyak digunakan dalam proses pembuatan mentega.

Streptococcus lactis adalah termasuk jenis bakteri yang berbentuk bulat (kokus) atau berbentuk bola yang berkelompok memanjang berbentuk rantai. Streptococcus merupakan golongan bakteri yang dapat berkembang biak di tempat pemerahan susu. Streptococcus bersumber dari susu terfermentasi/susu asam. Dinding sel bakteri sangat tipis, tersusun atas peptidoglikan, yaitu polisakarida yang berkaitan dengan protein dan bersifat selektif permeabel. Membran sel berfungsi untuk mengontrol zat makanan yang masuk dan keluarnya sisa metabolisme, selain itu membran sel juga berperan dalam pembelahan sel.

Tahap pembuatan mentega

Pembuatan mentega sendiri pada dasarnya adalah bagaimana mengubah kedudukan globula lemak susu yang semula berupa emulsi lemak dalam air menjadi emulsi air dalam lemak. Pembuatan mentega terdiri dari beberapa tahap, tahap ini adalah sebagai berikut :

Pembuatan Mentega Skala Industri

1. Separasi

Untuk memisahkan  skin dan rim, dikerjakan dengan separator dengan putaran 6000 rpm. Dengan putaran tersebut 99,5% lemak susu dapat dipisahkan.

2. Standarisasi

Penyesuaian kadar lemak krim yang akan dibuat mentega dimana standar kadar lemak krim yang baik dalam pembuatan mentega adalah sekitar 30 - 33%.

3. Netralisasi

Dalam proses pasteurisasi untuk menghindari penggumpalan yang bisa terjadi dilakukan dengan menambahkan larutan alkali sehingga dapat mencapai pH sekitar 6,8 - 7,2 pH. Proses ini sering disebut dengan proses netralisasi, proses ini juga berguna untuk mencegah timbulnya cita rasa yang tidak baik selama pemanasan. Selain itu dengan proses netralisasi juga akan memberikan pengaruh pada sifat yang lebih baik pada hasil akhir.

4. Pasteurisasi

Dilakukan pada metode yang lambat (suhu 70 - 75°c selama 30 menit) atau metode cepat (suhu 80 - 85°C selama 25 detik).

5. Pemeraman

Jika dikehendaki mentega dengan cita rasa yang spesifik . Pemeraman dilakukan pada suhu 21°C. Mikroba yang digunakan adalah :
  • Streptococcus lactis
  • Str.citrovorus
  • Str.paracitrovorus

Pemeraman dihentikan apabila keasaman krim mencapai 0,2 - 0,4% dihitung sebagai asam laktat, Biasanya dicapai dalam waktu 12 - 18 jam.

6.      Pendinginan

Selama semalam pada suhu 10°C. Pendinginan berfungsi untuk memberikan tekstur yang baik dan memudahkan pembalikan emulsi lemak dalam air menjadi emulsi air dalam lemak.

7.      Churning

Merupakan proses pengadukan.

8.      Pencucian

Pada tahap ini bahan mentega yang hampir jadi akan dicuci untuk membersihkan dari pengotor yang mungkin masih terbawa.

9.      Partikel - partikel mentega terbentuk terpisah dari serumnya

Serum harus dibuang dan diganti dengan air yang suhunya sama dengan suhu mentega, dengan jumlah air kurang lebih sama dengan jumlah serum yang dibuang.

10.  Penggaraman

Untuk mentega dengan rasa asin dikerjakan sebelum proses churning yang terakhir. Jumlah garam berkisar 5,25%. Garam yang tertinggal dimentega berkisar 1 - 2%.
, ,

1 comment:

  1. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.Harga
    Terjangkau
    Cost saving
    Solusi
    Penawaran spesial
    Hemat biaya Energi dan listrik
    Mengurangi mikroba & menghilangkan lumut


    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management
    OUR SERVICE
    1.
    Coagulan, nutrisi dan bakteri
    Flokulan
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Garment wash
    Eco Loundry
    Paper Chemical
    Textile Chemical
    Degreaser & Floor Cleaner Plant

    2.
    Oli industri
    Oli Hydrolik (penggunaan untuk segala jenis Hydrolik)
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    3.
    Other Chemical
    RO Chemical
    Hand sanitizer
    Disinfectant
    Evaporator
    Oli Grease
    Karung
    Synthetic PAO.. GENLUBRIC VG 68 C-PAO
    Zinc oxide
    Thinner
    Macam 2 lem
    Alat-alat listrik
    Packaging
    Pallet
    CAT COLD GALVANIZE COMPOUND K 404 CG
    Almunium

    ReplyDelete