Kehidupan Sementara Akhirat Selamanya

Monday, November 11, 2019

Meningkatkan Kualitas Kopi

Meningkatkan Kualitas Kopi - Kopi merupakan minuman yang sudah sangat terkenal dan mendunia, di negara kita sendiri ada beberapa daerah yang mempunyai jenis kopinya sendiri. Akan tetapi tahukah Anda, secangkir kopi yang biasa kita nikmati ternyata melewati proses pengolahan yang cukup panjang.

Meningkatkan Kualitas Kopi

Ada beberapa proses yang harus dilalui dan banyak variabel yang harus diperhatikan untuk mendapatkan biji kopi terbaik untuk digiling. Karena banyaknya variabel yang di luar kendali petani kopi dan hanya produsen yang dapat menentukan biji mana yang kualitasnya paling tinggi adalah keharusan untuk membuat kopi berkualitas tinggi.

Setiap biji kopi menjalani pemeriksaan kualitas yang ketat untuk memastikannya memenuhi standar kualitas internasional yang ketat. Tentunya hal ini membutuhkan pengalaman dan ahli di bidangnya untuk mendapatkan hasil kopi terbaik untuk disajikan.

Di masa lalu, pemanen dan pengolah kopi harus mengandalkan penglihatan dan rasa fisik saja untuk menentukan kematangan dan kesiapan kacang. Bahkan dengan pemanen ahli dan “cupper” (pencicip kopi profesional) mempertahankan kualitas yang konsisten masih sangat sulit karena persepsi manusia dapat dengan mudah berubah berdasarkan pada sikap dan lingkungan dari hari ke hari.

Meningkatkan Kualitas Kopi

Salah satu variabel utama untuk menjaga kualitas kopi adalah dari segi warnanya. Akan tetapi sama seperti rasa, warna juga dapat mempunyai nilai yang berbeda tergantung dari persepsi si penilainya. Karenanya untuk mengatasi keterbatasan ini, pemroses kopi memutuskan untuk menggunakan sebuah alat pengukur warna atau disebut colorimeter.

Sebelum biji dipanggang, salah satu pemeriksaan kualitas paling penting adalah menguji warna biji kopi hijau. Alasan untuk pemeriksaan ini adalah karena warna hijau biji kopi dapat bervariasi tergantung pada ketinggian dimana biji ditanam.

Dengan menggunakan colorimeter yang merupakan alat pengukur warna digital ini mereka dapat menentukan bahwa biji kopi dengan ketinggian lebih tinggi memiliki jumlah warna hijau biru atau biru yang lebih tinggi, hadir daripada biji kopi ketinggian lebih rendah. Ini membuatnya mudah untuk menentukan biji kopi mana yang berkualitas lebih tinggi.

Tidak hanya ini menetapkan dan membantu menjaga standar kualitas, itu juga berarti bahwa pemanen dapat mengetahui dengan lebih pasti jumlah keuntungan yang lebih tinggi yang dapat dihasilkan berdasarkan jumlah biji berkualitas lebih tinggi yang dipanen.
, ,

No comments:

Post a Comment