Kehidupan Sementara Akhirat Selamanya

Thursday, January 30, 2020

Apa itu Angin

Apa itu Angin - Angin adalah massa udara yang bergerak yang diakibatkan karena adanya rotasi bumi dan dari perbedaan tekanan udara antara satu tempat dengan tempat lainnya. Angin dapat bergerak dari tempat yang memiliki tekanan udara yang tinggi ke daerah yang memiliki tekanan udara yang rendah.

Apa itu Angin

Sifat Angin

Angin sendiri memiliki sifat - sifat yang diantaranya adalah :
  • Angin dapat mempercepat pendinginan benda yang bersuhu panas atau tinggi.
  • Angin dapat membuat tekanan terhadap permukaan yang menentang atau berbeda dari arah angin.
  • Kecepatan yang angin lewati dapat bermacam-macam dari tempat kita ke tempat lain dan dari waktu ke waktu.

Proses terbentuknya angin

Proses terjadinya angina berawal ketika udara dipanaskan maka dia akan memuai yang kemudian udara akan menjadi ringan dan akan bergerak naik. Ini terjadi karena tekanan dari udara menjadi turun karena udaranya mulai berkurang. Udara yang berada di sekitarnya yang memiliki hawa dingin turun ke tempat yang memiliki tekanan rendah yang tadi. Kemudian udara akan menyusut menjadi lebih berat yang selanjutnya akan turun ke tanah. Udara panas yang ada di tanah akan naik kembali ke atas. Perpindahan atau naiknya suhu udara panas dan turunnya udara bersuhu dingin dinamakan dengan konveksi.

Faktor penyebab angin terjadi adalah :

Lokasi

Lokasi sangat menentukan karena kecepatan angin yang ada di dekat garis khatulistiwa menjadi lebih cepat dari pada angina yang jauh dari garis.

Gradien Barometris

Gradien barometris merupakan bilangan yang dapat menunjukkan adanya perbedaan udara yang berasal dari dua isobar yang berjarak 111 km ketika besar gradien barometrisnya maka akan semakin cepat tiupan angin yang didapat.

Waktu

Waktu dapat memberikan dampak yaitu ketika pada siang hari angina akan semakin cepat berhembus tetapi pada malam hari angina akan lambat hembusan anginnya.

Tinggi Lokasi

Tinggi dari lokasi ini sangat berkaitan karena semakin tinggi lokasi maka akan semakin tinggi hembusan anginnya. Ini disebabkan karena adanya pengaruh gesekan yang dapat menghambat laju udara. Pada permukaan bumi, pohon, gunning, dan juga topografi yang tidak rata dapat memberikan gaya gesek yang semakin besar yang ketika semakin tinggi suatu daerah maka akan semakin kecil juga gaya gesek udara ini.

Kecepatan Angin

Angin memiliki kecepatan yang ditentukan dengan perbedaan tekanan udara yang berdasar kepada tempat asal dan juga tujuan dari angin serta resistensi medan yang dilaluinya.
,

No comments:

Post a Comment