Kehidupan Sementara Akhirat Selamanya

Monday, March 9, 2020

Kandungan Susu Evaporasi

Kandungan Susu Evaporasi - Susu evaporasi adalah susu yang teksturnya kental. Susu jenis ini berbeda dengan susu kental manis, susu evaporasi terbuat dari susu sapi tanpa gula tambahan. Biasanya, susu ini lebih sering dijadikan bahan tambahan sebuah masakan atau sebagai campuran ke dalam adonan kue.

Kandungan Susu Evaporasi

Susu evaporasi merupakan susu sapi dengan 60% kadar airnya dihilangkan dari susu segar dengan cara dipanaskan. Susu yang dipanaskan akan menguap sehingga kandungan airnya menjadi lebih sedikit dan akhirnya mengental. Susu ini dapat disimpan dalam waktu lama dan tidak mudah basi.

Pada susu yang dipanaskan ini, kandungan laktosa, mineral, lemak, kalsium, dan vitamin tetap dipertahankan selama proses pemanasan. Sedangkan susu evaporasi mempunyai warna yang tidak terlalu putih dan bahkan cenderung kuning. Hal ini disebabkan karena terbentuknya karamel yang berasal dari panas selama proses evaporasi.

Anda bisa mengkonsumsi susu jenis ini dengan mencampurkan sedikit air ke dalam susu. Metode ini muncul sejak lama, sebelum ditemukannya kulkas atau mesin pendingin lainnya. Dahulu cara ini banyak digunakan agar susu dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama tanpa mengalami pengurangan nutrisi.

Dikutip dari Livestrong, 30 ml susu evaporasi mengandung 40 kalori dan 2 gram lemak, dimana 1,5 gram lemaknya merupakan lemak jenuh. Ini sudah memenuhi sekitar 7% dari asupan lemak jenuh harian Anda.

Penting untuk membatasi asupan lemak jenuh. Ini bertujuan untuk  menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol Anda tetap normal, menurut Harvard School of Public Health. Di dalam 30 ml susu ini, terdapat juga kandungan 10 miligram kolesterol yang mencukupi sekitar 3% dari batas harian Anda. Sedangkan susu evaporasi rendah lemak umumnya mengandung 2% lemak dan 5 miligram kolesterol pada setiap 30 ml-nya.

Kandungan Susu Evaporasi

Mengandung banyak protein

Kandungan protein dalam susu jenis ini pada umumnya sama seperti jenis susu segar lainnya. Protein berfungsi untuk menambah energi dan menjaga sel, jaringan dan otot di dalam tubuh agar tetap sehat. Berdasarkan Center for Disease Control and Prevention, setiap 30 ml susu evaporasi mengandung protein sebanyak 2 gram. Mengkonsumsi susu ini bisa membantu mencukupi kebutuhan protein tubuh harian sebanyak 4%.

Mengandung banyak kalsium

Walaupun kandungan susu evaporasi memang tidak sebanyak susu segar lainnya, akan tetapi Anda bisa tetap mengkonsumsinya sebagai tambahan kalsium. Hal ini karena setiap 30 ml susu evaporasi umumnya mengandung lemak sebanyak 80 mg kalsium. Jumlah tersebut adalah sepertiga dari kebutuhan kalsium harian tubuh.
, ,

No comments:

Post a Comment