Kehidupan Sementara Akhirat Selamanya

Tuesday, January 21, 2020

Suhu Tubuh Normal

Suhu Tubuh Normal - Sebenarnya berapakah suhu tubuh normal pada manusia? hal ini sebenarnya merupakan hal penting yang harus diketahui baik itu untuk anak - anak maupun orang dewasa terutama ketika sedang mengalami gangguan kesehatan seperti demam. Banyak yang bingung apakah suhu tubuh tinggi itu termasuk demam atau masih dalam batas normal.

Suhu Tubuh Normal

Pada dasarnya suhu tubuh merupakan ukuran kemampuan tubuh dalam mengatur atau mengontrol hawa panas tubuh. Memahami hal ini merupakan hal penting karena kenaikkan suhu tubuh merupakan respon alami ketika tubuh mengalami gangguan seperti halnya ketika kita mengalami demam.

Karenanya Anda perlu mengetahui berapa suhu tubuh normal dan berapa suhu abnormalnya. Dengan mengetahui pengetahuan dasar ini Anda dapat mengetahui ketika tubuh mengalami gangguan sehingga bisa dilakukan penanganan medis secepatnya.

Memahami Suhu Tubuh Normal manusia dan batasnya

Mungkin kita umumnya mengetahui kalau suhu tubuh normal itu adalah 37 derajat celcius. Ini memanglah benar, namun tidak setiap kelompok umur seseorang itu suhu tubuh normalnya sama. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah suhu tubuh normal sesuai kelompoknya :
  • Suhu normal bayi atau balita : 36,1 - 37,7 derajat Celcius
  • Suhu normal anak - anak : 36,3 - 37,7 derajat Celcius
  • Suhu normal orang dewasa : 36,5 – 37,5 derajat celcius

Namun kita juga harus memahami bahwa sepanjang hari suhu tubuh juga dapat berubah - ubah. Suhu tubuh terendah terutama terjadi pada pagi hari, suhu tubuh dapat meningkat hingga 0,6 derajat Celcius pada sore hari. Karenanya disarankan kita mempunyai alat pengukur suhu atau termometer sendiri di rumah.

Aktivitas harian kita juga dapat mempengaruhi suhu tubuh, seperti halnya pada saat berolahraga di cuaca yang panas maka suhu tubuh dapat meningkat 0,6 hingga 1 derajat Celcius. Selain itu wanita yang sedang mengalami ovulasi juga dapat mengalami peningkatan suhu tubuh diatas suhu normal.

Suhu Tubuh Rendah

Apabila suhu tubuh terlalu rendah dari suhu normal disebut dengan hipotermia. Kondisi ini dapat terjadi ketika seseorang terpapar cuaca dingin yang berlebihan seperti berada di tempat dingin yang terlalu lama, tidak menggunakan pakaian yang hangat saat berada di tempat dingin, atau setelah terjatuh ke dalam kolam atau ke dalam air yang dingin.

Beberapa gejala yang mengindikasikan seseorang mengalami hipotermia antara lain menggigil, napas yang pendek, napas yang pelan, bicara yang tidak jelas,kulit yang teraba dingin, kulit yang berwarna pucat, seseorang dapat lemas tidak berenergi bahkan mengalami penurunan kesadaran.

Hipotermia yang menyebabkan suhu tubuh terlalu rendah hingga dibawah 35 derajat celcius dapat menimbulkan bahaya yang mengancam jiwa. Sebab suhu tubuh yang terlalu rendah akan mengakibatkan perlambatan pada kerja sistem saraf, sistem pernapasan hingga sistem peredaran darah.

Oleh karena itu apabila mencurigai seseorang sedang mengalami hipotermia, segeralah membawa orang tersebut ke rumah sakit terdekat karena keadaan hipotermia ini merupakan kondisi yang darurat.

Apabila mengalami kedinginan atau berada pada cuaca dingin anda dapat melakukan beberapa hal, seperti menggunakan pakaian yang hangat dan lebih tebal. Usahakan untuk menjaga agar tubuh tetap kering.

Konsumsi minuman yang dapat menghangatkan tubuh seperti rebusan air jahe, kopi hangat, teh hangat. Mandi dengan air hangat dan berpelukan juga dapat dilakukan untuk menjaga suhu tubuh tetap normal.

Suhu Tubuh Tinggi

Suhu tubuh tinggi diatas nilai normal disebut dengan istilah Hipertermia. Kondisi ini dapat terjadi ketika tubuh mengalami kegagalan dalam mengatur suhu atau tidak dapat mengimbangi antara produksi panas dengan panas yang dikeluarkan tubuh, sehingga suhu tubuh terus mengalami peningkatan.

Peningkatan suhu tubuh hingga diatas 37,5 derajat celcius disebut dengan demam. Hal ini terjadi karena berubahnya sensor tubuh terhadap panas yang disebabkan oleh toksin yang dikeluarkan kuman, contohnya saat seseorang mengalami demam tifoid atau penyakit tipes. Demam sebenarnya merupakan suatu tanda dari adanya reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Orang dewasa yang mengalami demam hingga 39,4 derajat celcius dan anak - anak hingga suhu 38 derajat celcius sangat disarankan untuk segera memeriksakannya ke dokter.

Suhu tubuh tinggi yang berlangsung terus - menerus akan menyebabkan dehidrasi berat yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan pada organ tubuh, dan pada anak dapat berisiko untuk menimbulkan kejang demam. Oleh karena itu kondisi tersebut memerlukan pengobatan medis secepatnya.

Untuk menurunkan suhu tubuh yang terlalu tinggi, kita dapat melakukan beberapa upaya sebagai berikut :
  • Perbanyak minum cairan, baik air putih ataupun jus buah
  • Perbanyak makan buah - buahan yang mengandung air, seperti semangka, melon, mentimun, buah pir, apel, dan sebagainya
  • Kompres dengan handuk yang dibasahi dengan air hangat, dapat diletakkan di kening ataupun di ketiak
  • Atur udara ruangan sehingga alirannya lancar
  • Beristirahat dengan menghindari aktivitas fisik yang berat

Apabila upaya - upaya tersebut belum memberikan hasil yang baik maka Anda dapat meminum obat penurun panas yang banyak tersedia di apotek dan toko obat terdekat. Namun jika suhu tubuh selalu tinggi, maka segeralah periksakan ke dokter.
, ,

No comments:

Post a Comment