Kehidupan Sementara Akhirat Selamanya

Wednesday, May 22, 2019

Pembuatan Bubuk Green Tea

Pembuatan Bubuk Green Tea - Bubuk green tea atau teh hijau kini sudah semakin populer. Bubuk teh hijau ini banyak digunakan untuk membuat teh, memasak atau dapat diminum langsung. Bahkan bubuk teh hijau juga dipercaya memiliki manfaat untuk kecantikan kulit wajah kita.


Di Jepang sendiri bubuk teh hijau lebih dikenal dengan nama Matcha. Bubuk teh hijau ini dibuat dari daun hijau muda yang tidak tua dan tumbuh paling tinggi dari pohon teh yang biasanya memiliki harga yang mahal.

Semakin tua daun teh yang digunakan untuk membuat bubuk teh hijau ini maka akan semakin menurunkan kualitas bubuk teh hijau itu sendiri. Bila Anda ingin membeli bubuk teh hijau terbaik tentu Anda harus membelinya di negara asalnya karena kualitasnya juga dipengaruhi oleh iklim negara tersebut.

Bubuk teh hijau yang ada di negara kita kebanyakan adalah buatan rumahan yang memiliki kualitas yang tidak terlalu berbeda jauh dengan negara asalnya. Pembuatannya membutuhkan waktu selama 3 - 4 hari dengan berbagai metode yang cukup rumit untuk menghasilkan bubuk teh hijau yang baik.

Secara umum daun teh hijau di Indonesia dan Jepang tidak berbeda dari segi nutrisinya yang baik untuk kecantikan maupun kesehatan Anda. Bila Anda ingin mencoba membuat bubuk teh hijau sendiri berikut adalah cara pembuatan bubuk green tea atau teh hijau :

Pembuatan Bubuk Green Tea

Bahan dan Peralatan :

  • 1 kg daun teh hijau (yang akan menghasilkan 100 g bubuk teh hijau), pillihlah daun teh yang hijau agak tua namun tidak terlalu tua. Proses pemilihan daun teh yang digunakan akan sangat mempengaruhi bubuk teh yang dihasilkan
  • Garam
  • Blender
  • Saringan (filter)
  • Kotak kecil

Cara pembuatan bubuk green tea :

  1. Daun teh hijau yang sudah disortir kemudian dicuci bersih dan direndam dalam air garam selama 30 menit
  2. Simpan daun teh hijau yang direndam di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung untuk mempertahankan klorofilnya secara maksimum
  3. Keringkan daun teh yang sudah direndam tadi selama 3 – 4 hari untuk menurunkan kadar air dalam daun, apabila daun sudah sedikit rapuh maka dapat diproses lebih lanjut
  4. Setelah kering daun dicuci lagi hingga bersih kemudian ditiriskan di tempat yang teduh
  5. Setelah kering maka daun teh kemudian diblender hingga halus
  6. Pastikan blender yang Anda gunakan dapat menggiling hingga benar - benar halus atau Anda dapat membawanya ke penggilingan untuk hasil yang lebih maksimal
  7. Setelah daun teh halus kemudian disaring lagi untuk mendapatkan bubuk green tea yang benar - benar halus
Bila Anda berhasil maka bubuk yang dihasilkan akan berwarna hijau, namun sering kali bubuk yang dihasilkan berwarna coklat tua atau kuning. Hal ini karena pembuatan bubuk teh hijau tergolong sulit dan membutuhkan ketekunan, terutama dalam hal pemilihan daun teh.
, , ,

No comments:

Post a Comment